Selasa, 08 November 2022

Pentingnya Attitude dalam dunia kerja

 Apa itu Attitude? Attitude adalah sikap dan perilaku ditunjukkan sehari-hari. Cara berbicara, bertindak, memperlakukan orang lain, semua itu adalah cerminan dari apa yang dipikirkan. 



Pada dasarnya kesuksesan dapat diraih dengan mengasah tiga hal yaitu Skill (Keterampilan), Knowledge (Pengetahuan), dan Attitude (Sikap). Skill dan Knowledge merupakan komponen yang dapat dikembangkan dengan banyak membaca, banyak belajar, dan praktik. Tetapi, attitude adalah komponen yang paling penting dalam membentuk karakter. Tentu, attitude yang baik dapat dipelajari dan dilatih.

Persaingan dalam dunia kerja yang semakin ketat dari tahun ke tahun membuat setiap orang harus mempersiapkan dirinya sebaik mungkin dalam menghadapi dunia kerja. Setiap karyawan atau calon karyawan tidak hanya dituntut untuk memiliki knowledge dan skill yang mumpuni, tetapi juga harus memiliki attitude yang baik.

Menerapkan sikap baik dalam dunia kerja adalah hal yang tidak mudah. Dalam penerapannya, pasti akan mengalami beberapa masalah karena sulitnya untuk mengubah kebiasaan sehari-hari. Perlu niat yang serius untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

Beberapa attitude yang harus dimilki dalam dunia kerja:

1. Menghargai waktu

    Dalam dunia kerja, penting untuk selalu tepat waktu. Pastikan untuk selalu datang tepat waktu dan menyelesaikan tugas sebelum tenggat waktunya. 

2. Menghormati rekan kerja

    Rasa hormat tidak hanya ditunjukkan kepada atasan. Tetapi, juga harus menghormati rekan-rekan kerja, bawahan atau klien. Dengan sikap ini, menunjukkan bahwa bekerja secara profesional dan bersikap baik saat bekerja.

3. Menerima kritik atau saran

    Jadikan semua perkataan dari orang lain sebagai kritikan untuk mengubah diri menjadi lebih baik apalagi ketika berhubungan dengan kinerja. Percayalah bahwa mereka memiliki niat membantu menjalankan dan menyelesaikan tugas-tugas dikantor dengan lebih baik lagi.

4. Berkomitmen terhadap pekerjaan

    Penting menunjukan komitmen terhadap pekerjaan. Lebih baik lagi, mencintai pekerjaan yang dilakukan. Dengan begitu, bekerja dengan maksimal seehingga dapat menguntungkan perusahaan. Selain itu, dapat mengembangkan diri menjadi pribadi yang lebih baik.

5. Perhatikan penampilan

    Setiap perusahaan pasti memiliki aturan masing-masing untuk karyawannya dalam berpakaian. Hindari menggunakan pakaian ketat dan transparan untuk menghindari image buruk dari orang lain. Banyak orang yang menilai citra perusahaan melalui penampilan pegawainya.

Yuk,mulai membentuk attitude yang baik dari tiga hal sederhana, yaitu Senyum, Terima Kasih, dan Maaf. Ketiganya merupakan hal yang sering disepelekan namun, memiliki efek yang luar biasa. Dengan banyak tersenyum, akan dikenal sebagai pribadi yang ramah. Dengan mengucapkan "Terima Kasih" dan "Maaf" , orang lain akan merasa bahwa anda menghormati mereka. 


Sumber:https://disnakertrans.ntbprov.go.id/pentingnya-attitude-dalam-dunia-kerja/

                https://www.hashmicro.com/id/blog/attitude-artinya/

Gambar: https://www.google.com/url?sa=i&url=https%3A%2F%2Fwww.linovhr.com%2Fattitude%2F&psig=AOvVaw1NeKAI0VvtNfQSfdSL6fTR&ust=1668004860633000&source=images&cd=vfe&ved=0CA0QjRxqFwoTCPDn28HonvsCFQAAAAAdAAAAABAI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pentingnya Attitude dalam dunia kerja

  Apa itu Attitude ? Attitude adalah sikap dan perilaku ditunjukkan sehari-hari. Cara berbicara, bertindak, memperlakukan orang lain, semua...